Menghadapi kritikan - Setiap orang mempunyai hak untuk memberikan pendapat, saran, masukan maupun kritikan. Kritikan yang membangun terang perlu kita tanggapi dengan rendah hati lantaran kritikan yang ditujukan akan meningkatkan kualitas diri kita untuk menjadi ludang kecepeh baik.
Tips Menghadapi Kritikan Yang Disampaikan
Setiap kritikan mempunyai alasan
Menurut aku pribadi, aku akan sangat berterima kasih kepada siapa saja yang mengkritik aku dengan tujuan membangun. Setiap kritikan tentu mempunyai alasan yang jelas, apakah lantaran tindakan kita yang kurang baik, tindakan kita bisa berpotensi merugikan orang lain dsb. Kirtikan yang bersifat membangun tentu akan menciptakan kualitas diri kita menjadi ludang kecepeh baik kalau kita menanggapinya dengan baik. Bukannya kita murka lantaran selalu dikritik tetapi sebaliknya kita patut mengapreasi dan berterima kasih lantaran mereka yang mengkritik kita lantaran suatu alasan yang terang berarti mereka masih mempedulikan kita.
Tanggapi kritikan membangun dan anggap angin kemudian kritikan yang menjatuhkan
Seperti aku jelaskan pada poin diatas bahwa setiap kritikan niscaya mempunyai alasan yang jelas. Apakah itu kritikan yang membangun ataukah kritikan yang hanya menjatuhkan. Tanggapi dengan baik setiap kritikan yang membangun kualitas diri kita menjadi ludang kecepeh baik dan anggap angin kemudian setiap kritikan yang menjatuhkan tanpa alasan yang realistis. Orang yang bertujuan baik tentu akan mengkritik dengan alasan yang sempurna sedang mereka yang hanya bisa mengkritik, mencemooh, menghina atau mengejek anggap angin kemudian saja.
Ambil pesan yang tersirat dari setiap kritik yang kita dapat. Kritik seringkali menampilkan banyak hal penting yang tersembunyi dari pandangan atau pikiran kita. Sebelum bereaksi terhadap kritik, sebaiknya kita menelitinya terludang kecepeh berlalu dan silam. Bila kritik itu salah, bisa diabaikan. Namun kalau benar, maka bisa kita jadikan sarana penting untuk memperbaiki diri.
Memandang kritik dari sisi yang positif
Kritik intinya bisa digolongkan ke dalam dua hal, yakni yang berlandaskan maksud baik dan maksud jahat. Namun, sebagai eksklusif yang merdeka, kita punya pilihan untuk memandang bahwa tiruana kritik tersebut dilontarkan atas maksud baik (positif). Cara pandang mirip ini sangat menguntungkan lantaran menciptakan pikiran kita ludang kecepeh jernih sehingga bisa mengambil manfaat kritik dengan paling bagus. Tanamkan perkiraan kepada diri sendiri bahwa mendapat kritik merupakan hal yang membanggakan. Ya, kritik biasanya ditujukan kepada orang yang berkarya, orang yang melaksanakan apa-apa, atau orang yang menyandang status “penting”.
Sebaliknya, orang yang pasif, berdiam diri, dan tidak terkenal biasanya jauh dari kritik. Makara "i agree with you" knorma dan sopan santun kritik dilontarkan mempunyai alasan dan membangun, "just go to hell" knorma dan sopan santun kritik yang dilontarkan hanya ingin menjatuhkan mental. Baca juga cara mengkritik yang baik.
Jangan sakit hati & menyimpan dendam
Jangan biarkan diri kita hanyut dalam perasaan sakit hati dan dendam knorma dan sopan santun mendapat kritik, lantaran hal itu sangat merugikan diri sendiri. Kerugian tersebut menyerupai aben seluruh rumah sendiri untuk membunuh seujung tikus yang bersembunyi di balik lemari.
Gunakan cara yang asertif dalam menanggapi kritik
Cara yang asertif yakni cara yang menegaskan pendirian dan pendapat dengan yakin, jelas, tegas, dan positif. Sikap mirip itu memungkinkan kita untuk menyatakan pendapat atau kehendak dengan tegas, elegan, dan terhormat dengan tetap menjaga harga diri dan kehormatan orang lain.
Image source: Huffingtonpost.com
Kritik yakni problem penganalisaan dan pengmemperbaikian sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan atau kualitas diri. Setiap kritikan tentu mempunyai alasan, apakah kritikan membangun atau kritikan yang hanya bertujuan meruntuhkan sopan santun tanpa disertai dengan alasan yang jelas, nah memberikankut yakni tips semoga kita tidak selalu dikritik:Tips Menghadapi Kritikan Yang Disampaikan
Setiap kritikan mempunyai alasan
Menurut aku pribadi, aku akan sangat berterima kasih kepada siapa saja yang mengkritik aku dengan tujuan membangun. Setiap kritikan tentu mempunyai alasan yang jelas, apakah lantaran tindakan kita yang kurang baik, tindakan kita bisa berpotensi merugikan orang lain dsb. Kirtikan yang bersifat membangun tentu akan menciptakan kualitas diri kita menjadi ludang kecepeh baik kalau kita menanggapinya dengan baik. Bukannya kita murka lantaran selalu dikritik tetapi sebaliknya kita patut mengapreasi dan berterima kasih lantaran mereka yang mengkritik kita lantaran suatu alasan yang terang berarti mereka masih mempedulikan kita.
Tanggapi kritikan membangun dan anggap angin kemudian kritikan yang menjatuhkan
Seperti aku jelaskan pada poin diatas bahwa setiap kritikan niscaya mempunyai alasan yang jelas. Apakah itu kritikan yang membangun ataukah kritikan yang hanya menjatuhkan. Tanggapi dengan baik setiap kritikan yang membangun kualitas diri kita menjadi ludang kecepeh baik dan anggap angin kemudian setiap kritikan yang menjatuhkan tanpa alasan yang realistis. Orang yang bertujuan baik tentu akan mengkritik dengan alasan yang sempurna sedang mereka yang hanya bisa mengkritik, mencemooh, menghina atau mengejek anggap angin kemudian saja.
Ambil pesan yang tersirat dari setiap kritik yang kita dapat. Kritik seringkali menampilkan banyak hal penting yang tersembunyi dari pandangan atau pikiran kita. Sebelum bereaksi terhadap kritik, sebaiknya kita menelitinya terludang kecepeh berlalu dan silam. Bila kritik itu salah, bisa diabaikan. Namun kalau benar, maka bisa kita jadikan sarana penting untuk memperbaiki diri.
Memandang kritik dari sisi yang positif
Kritik intinya bisa digolongkan ke dalam dua hal, yakni yang berlandaskan maksud baik dan maksud jahat. Namun, sebagai eksklusif yang merdeka, kita punya pilihan untuk memandang bahwa tiruana kritik tersebut dilontarkan atas maksud baik (positif). Cara pandang mirip ini sangat menguntungkan lantaran menciptakan pikiran kita ludang kecepeh jernih sehingga bisa mengambil manfaat kritik dengan paling bagus. Tanamkan perkiraan kepada diri sendiri bahwa mendapat kritik merupakan hal yang membanggakan. Ya, kritik biasanya ditujukan kepada orang yang berkarya, orang yang melaksanakan apa-apa, atau orang yang menyandang status “penting”.
Sebaliknya, orang yang pasif, berdiam diri, dan tidak terkenal biasanya jauh dari kritik. Makara "i agree with you" knorma dan sopan santun kritik dilontarkan mempunyai alasan dan membangun, "just go to hell" knorma dan sopan santun kritik yang dilontarkan hanya ingin menjatuhkan mental. Baca juga cara mengkritik yang baik.
Jangan sakit hati & menyimpan dendam
Jangan biarkan diri kita hanyut dalam perasaan sakit hati dan dendam knorma dan sopan santun mendapat kritik, lantaran hal itu sangat merugikan diri sendiri. Kerugian tersebut menyerupai aben seluruh rumah sendiri untuk membunuh seujung tikus yang bersembunyi di balik lemari.
Gunakan cara yang asertif dalam menanggapi kritik
Cara yang asertif yakni cara yang menegaskan pendirian dan pendapat dengan yakin, jelas, tegas, dan positif. Sikap mirip itu memungkinkan kita untuk menyatakan pendapat atau kehendak dengan tegas, elegan, dan terhormat dengan tetap menjaga harga diri dan kehormatan orang lain.
Advertisement